Selasa, 09 April 2013

HUJAN DERAS, BAHU JALAN LONGSOR 15 METER

SUKOHARJO - Hujan deras yang turun beberapa hari ini mengakibatkan bahu jalan di jalan raya Sukoharjo - Sempol longsor sepanjang 15 meter dengan lebar sekitar 2 meter. Lokasi longsoran yang terletak di Desa Karanganyar ini cukup mengkhawatirkan karena tepat berada di bibir tebing curam dengan ketinggian 25 meter. Tanah longsor yang terjadi pada hari Senin (8/4) juga mengakibatkan sebagian pondasi guardreel yang terpasang di sisi jalan menjadi menggantung.

Tak ada korban jiwa dalam musibah ini karena lokasi terletak ditengah-tengah kebun milik warga.

Camat Sukoharjo, Mulyono ketika ditemui ketika meninjau lokasi mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengatasi longsoran tersebut,"Kami telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum untuk segera mengatasi longsoran karena sangat membahayakan pengguna jalan,"tutur Mulyono.

"Saat ini kami juga sudah mengambil langkah pengamanan dengan memasang rambu peringatan agar pengguna jalan lebih hati-hati ketika melalui jalur ini,"imbuhnya.

Longsor yang terjadi di Karanganyar disinyalir terjadi karena terdapat gorong-gorong dibawah jalan yang tergerus air sehingga laju air menjadi tidak terkendali dan menghanyutkan tanah dibawahnya.

Tingginya curah hujan yang terjadi di wilayah ini juga dituding menjadi salah satu penyebab terjadinya longsoran di daerah ini.

"Kami akan berharap agar langkah perbaikan dapat dilaksanakan secepatnya mengingat tingginya curah hujan akhir-akhir ini sehingga dikhawatirkan dapat memicu terjadinya longsor susulan yang berakibat lebih parah." pungkas Mulyono.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar