Rabu, 28 November 2012

ANGGOTA BPD HARUS BISA MEMBAWA DESA KE ARAH YANG LEBIH BAIK

SUKOHARJO - Sebanyak 103 anggota Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) se- kecamatan Sukoharjo pada hari Senin (28/11) mengikuti acara Bintek Peningkatan Kapasitas BPD. Acara yang mengambil tempat di aula kecamatan Sukoharjo tersebut dihadiri seluruh anggota BPD periode 2012-2018 yang baru saja dilantik oleh Bupati Wonosobo pada tanggal 19 November lalu.

Dalam sambutannya, Camat Sukoharjo Dudi Wardoyo menyampaikan bahwa BPD  harus bisa membawa desa ke arah yang lebih baik. "Sebagai salah satu lembaga desa, BPD bersama dengan pemerintah desa harus bisa membawa perubahan desa ke arah yang lebih baik, terutama bagi anggota BPD yang baru sekali ini duduk sebagai anggota BPD,"kata Dudi.

Hadir sebagai narasumber pada acara tersebut Kasubbid Kelembagaan Pemerintah dan Lembaga Kemasyarakatan Desa/ Kelurahan BPMD Kabupaten Wonosobo, Aryati Prabandari,S.STP.

Dalam paparannya, Aryati menekankan bahwa BPD harus benar-benar mengetahui fungsi dan kewenangannya sehingga dapat bekerjasama dengan pemerintah desa secara baik,"Fungsi utama BPD ialah menetapkan peraturan desa dan menampung serta menyalurkan aspirasi dari masyarakat kepada pemerintah desa, sedangkan kewenangan BPD salah satunya ialah melaksanakan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan desa."

Disamping itu juga ditekankan kepada seluruh anggota BPD untuk lebih proaktif terutama dalam penyusunan produk hukum perdes yang berasal dari usulan BPD."Selama ini partisipasi BPD dalam pembuatan peraturan desa masih sangat minim, sehingga sebagian besar perdes masih berasal dari pemerintah desa,"imbuh Aryati.

Acara yang merupakan agenda rutin Kecamatan Sukoharjo ini sedikit berbeda dengan acara pembinaan teknis sebelumnya. Hal ini dikarenakan materi yang disajikan tidak hanya seputar tugas, wewenang maupun fungsi BPD namun juga ditambah dengan materi Bela Negara yang dibawakan oleh Dan Posmil Sukoharjo serta Pembinaan Kamtibmas oleh Kapolsek Sukoharjo.

"Kami memang sengaja membuat acara ini sedikit berbeda karena urusan yang ditangani BPD sangat luas mencakup seluruh sendi kehidupan masyarakat desa, oleh karena itu kami anggap perlu untuk menambah pengetahuan para anggota BPD megenai disiplin ilmu yang lain,"tutup Dudi.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar